4 Session Sebelum Naik Banaspati Dicekoki X’tra Fooding

KICAUAN TIPS DAN TRIK
MANDI HARIAN. Dua hari sekali

Kalau perawatan muraibatu harian beda tangan sama porsi extra fooding itu hal biasa, tapi dalam persiapan lomba dipastikan tidak sama antar penghobi. Seperti yang dilakukan Kaji Said tokoh muda asal Gresik yang terjun langsung dalam memoles gaco-gaco murainya. Terbukti, dalam persiapan lomba ala Kaji said, empat session sebelum naik, burung dicekok i xetra fooding (jangkrik sama kroto).

Bagi Kaji Said, soal persiapan lomba beda burung beda perlakuannya, khusus untuk Banaspati salah satu besutan muraibatu yang sarat prestasi yang baru mabung yang setahun lalu di take overnya.  Bukan hanya di lapangan, H-1, porsi jangkrik dan kroto porsinya bertambah. “Kalau hariannya 3 : 3 porsi jangkriknya dinaikkan 5 : 5, serta kroto full satu sendok teh,” ujar Ketua PBI Gresik pada avesnews dikediamannya belum lama ini.

Harian Banaspati, sekitar pukul 05.00 pagi, buka kerodong, burung dikeluarkan dari ruangan lalu diembunkan. Sekitar pukul .06.30 -.7.30 burung dijemur.  Habis dijemur, burung diberi jangkrik 3 ekor ditambah 1 sendok teh. Kemudian burung cukup di angin-anginkan sebentar lalu dikerodong dan masuk ruangan khusus yang biasa ditempatkan. Perlakuan ini sama persis saat sore hari, hanya saja porsi krotonya cukup setengah sendok saja. “Hariannya, mandi untuk Banaspati cukup 2 hari sekali, karena Banaspati doyan mandi sebelum berangkat ke lapangan, burung wajib dimandikan,” papar Kaji panjang lebar.

Bagi Kaji Said, perawatan harian muraibatu lain tangan lain racikannya. Tapi intinya bukan melihat siapa yang merawatnya, karena semua yang menentukan dari karakter burung  itu sendiri. Meski harus butuh waktu untuk memahami karakter burung tersebut setelah pindah tangan maupun pindah lingkungan. Setidaknya itulah yang dipahami sang penghobi sejati seperti Kaji Said asal Gresik yang langsung terjun sendiri dalam memoles gaco-gaconya di kediamannya.

Keistimewaan Banaspati, terbilag burung aman yang gampang kerja di lapangan. tonjolannya pun beragam varian suara master, mulai love bird, srendid, cililin yang dibawakan secara rool tembak. Tak heran, prestasi banaspati sering di podium utama, aksi terbaik banaspati saat tampil di Samurai Cup.

bagikan :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.