Anis”Serdadu”Kembang di lapangan Digelontor Cacing Tanpa batas

KICAUAN TIPS DAN TRIK
PEPAYA. Menjadikan burung tidak gampang OB

Menjelang burung naik, berbagai cara dilakukan bagi penghobi  dengan harapan nantinya andalannya bisa kerja maksimal. Begitu juga punglor kembang legendaris andalan Jimmy Tristar BC asal Surabaya sarat prestasi ini. Tiap di lapangan sebelum naik, digelontor cacing tanpa batas. Menurut Jimmy, dengan dicekoki cacing agar birahi burung bisa terkontrol.

Selain itu, hariannya Serdadu diberi buah papaya. Karena Serdadu tergolong burung yang tidak bisa berhenti ngerol, karena pepaya terbilang buah yang membuat tubuh jadi dingin. “Oleh karena itu burung yang mengkonsumsi pepaya menjadikan burung tidak gambang Over birahi (OB), walaupun burung tanpa berhenti ngerol seperti tipe burung Serdadu,” sambung Jimmy sambil meilirik sang legendaris Serdadu.

MANDI. Wajib Habis perjalanan jauh biar fresh

Sedangkan harian Serdadu, sekitar jam 5 pagi diembunkan, lalu diberi jangkrik 3 ekor ditambah 2 ekor cacing. Sekitar jam 6, burung dimandikan setelah diangin-anginkan kemudian dikerodong. “Jika lomba yang dituju jaraknya cukup jauh, tiba di lapangan burung langsung dimandikan, biar fresh habis perjalanan jauh,” ungkap Jimmy.

Prestasi Serdadu, sejak ditangan Jimmy tahun 2015 silam  total trophy yang dikumpulkan sekitar 160 an. Seratus diantaranya raih juara satu. Serdadu terbilang Super fighter plus ngerol, karena di lapangan harus jauh dari suara burung, apalagi terdengar suara anis kembang Serdadu langsung ngerol tanpa jeda. “Kalau hariannya, Serdadu tanpa kerodong, meski bunyi hanya ngeriwik dan ngeplong-ngeplong,” tambah Jimmy bercerita panjang lebar dalam obrolannya.

bagikan :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.