PASANG RING. Dipasang sejak usia dini.

Jangan Sepelekan Pasang Ring, Idealnya Piyik Usia 3 Minggu

KICAUAN

Hampir tidak semua penangkar burung bisa pasang ring, bahkan sering terjadi, terutama breeder pemula yang tidak paham pasang ring lalu keburu usia terus berjalan. Akibatnya terjadi ada kendala dalam pemasangannya. Untuk itu, Kaji Fauzi menyarakan agar pemasangan ring pada piyik usia 3-4 minggu. “Karena piyik usia diatas satu bulan, bakal menemui kendala kalaupun dipaksa akan fatal pada kondisi piyik,” pesan pria pemilik Pelita BF asal Kedensari Tanggulangin Sidoarjo ini.
Hakekatnya pasang ring bagi para breeder untuk memudahkan mengontrol identitas piyik dari indukan mana. Karena itu, seyogyanya pemasangan ring dari usia dini, sekitar usia 3 mingguan. Sebab kalau terlalu tua, akan kesulitan dalam pemasangannya. Apalagi tidak sembarang orang bisa pasang identitas si piyik tersebut, kalau dipaksa akan fatal akibatnya pada kondisi piyik terutama kaki bakal berakibat cacat fisik permanen,” tandas Kaji Fauzi.

RING WARNA-WARNI. Membedakan piyik kualitas tidaknya.
RING WARNA-WARNI. Membedakan piyik kualitas tidaknya.

Beda dengan identitas yang dipasang Pelita BF, menariknya ring yang dipasang Pelita BF, selain jelas identitasnya juga kualitas piyik jelas-jelas lebih terang dibandingkan dengan breeder pada umumnya yakni indikasi kualitasnya terletak pada warna ring yang dipasang.
Namun meski demikian, Pelita BF dalam pasang ring pun tidak asal, karena pasang ring membutuhkan keterangan yang jelas dari turunan yang sudah keluar kontes. Kalau prestasi sudah ada informasi dari pemain terutama yang take over dari Pelita BF, baru dipasang ring warna merah atau biru pada turunan kedua dan seterusnya. “Tapi kalau infonya belum jelas, maka saya kasik ring warna kuning,” sambung Kaji Fauzi dalam obrolannya pada media avesnews belum lama ini.

bagikan :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.