Kiat Bongkar Lagu Panjang-Panjang Cucak Hijau Saat Tarung di Arena Lomba

KICAUAN TIPS DAN TRIK
JANGKRIK. Digenjot porsinya saat persiapan lomba

Untuk mencapai kerja maksi di arena lomba, tentu membutuhkan bekal nafas yang panjang dalam membawakan lagu setiap burung cucak hijau. Hanya saja tidak semua pemilik burung yang memikirkan hal ini meski cukup dibutuhkan sang burung untuk melatih pernafasan. Setidaknya dengan bekal latihan harian tersebut bisa memancing bongkaran lagu yang panjang-panjang yang dibawakan saat tampil di arena lomba. Oleh karena itu, media yang dibutuhkan cukup masuk tenggaran untuk melatih pernafasannya.

Kali ini Ryan Riddick SF asal Sidoarjo yang sudah berhasil menerapkan beberapa gaco cucak hijaunya yang dilatih hariannya masuk kandang tenggaran (umbaran) ukuran berukuran 4 m. Dalam sepekan, masuk tenggaran mulai Senin – Kamis. Dalam tenggaran sendiri, selain minum juga disediakan cepuk untuk mandi yang ukurannya lebih besar. “Harian buahnya cukup pisang, tapi setelah lomba wajib diganti dengan pepaya selama 2 hari,” tutur pengusaha muda ini.

Hariannya sebelum masuk tenggaran, pagi hari sekitar jam 5 buka kerodong dan diembunkan sembari diberi jangkrik ekstra fooding (jangkrik) sebanyak 3 ekor. Sekitar jam 7 mulai dijemur hingga jam 12 siang. lalu masuk tenggaran. “Pengembunan cukup dibutuhkan pada burung karena manfaatnya untuk menambah kinerja biar maksimal,” ujar Ryan.

JEMUR. Tiap hari dari jam 7-12

Selanjutnya, sekitar jam 15.00 (3 sore), cepuk mandi berisi air dipasang, agar burung habis latihan nafas tadi bisa fresh kembali. Habis mandi, kembali jangkrik 2 ekor diberikan agar energy yang terbuang bisa kembali pulih. Kemudian, burung masuk sangkar harian lagi, selanjutnya dikerodong full hingga esok hari. “Kerodong full agar burung bisa istirahat total di malam hari, meski berdampingan dengan burung sejenis tidak berpengaruh kalau dikerodong,” tambah pria bersahabat ini.

Persiapan lomba H-1, Ektra fooding (jangkrik) porsinya ditingkatkan dari 3 menjadi 10 ekor paginya, sorenya 7 ekor. Bahkan burung dalam kerodong full. Selanjutnya masuk lapangan, pada jarak sesi ketiga sebelum tampil, burung diberi Ulat hongkong dengan tujuan agar terpancing untuk bongkar lagunya. Begitu pula, tampil kedua, ketiga dan kesekian cukup ditambah 1 ekor jangkrik “Hanya saja bila cuacanya kurang panas (mendung) perlu digenjot 1,2 ekor ulat hongkong, agar burung tidak lesu sebelum digantang,” cerita ayah dua putri dalam obrolan penutup.

bagikan :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.