MASA TERAPI DIET. Wajib dijemur tiap hari.

Kiat Terapi Diet Indukan Pasca Manetas ala Pelita BF

KICAUAN

Lepas menetes Pelita BF pemilik Kaji Fauzi breeder asal Raya Wates Kedensari Tanggulangin Sidoarjo ini, punya kiat tersendiri dan kabar ini mungkin cukup menarik untuk disimak khususnya breeder pemula sebagai pengalaman baru. Menurut Kaji fauzi pasca menetas, semua induk baik pejantan maupun betina wajib masuk kandang terapi diet layaknya kandang koloni, dengan cara penjemuran tiap hari agar lemak dalam tubuh bisa terbakar.
“Karena hampir semua induk yang baru menjalani masa-masa berat seperti bertelur, mengeram lalu menetas rata-rata lemak yang menempel ditubuh induk tersebut meningkat terutama pada induk betina. Akibatnya indukan tersebut jadi gemuk dan efeknya reproduksi bakal terhambat,” papar pria bersahabat dikediamannya belum lama ini.

KANDANG TERAPI. Besar kecilnya disesuaikan jumlah pasangan induk.
KANDANG TERAPI. Besar kecilnya disesuaikan jumlah pasangan induk.

Oleh karena itu, kaji punya kiat yang menjadikan lemak-lemak dalam tubuh bisa terbakar dengan cara wajib dijemur tiap hari, pagi hingga siang hari. Tapi meski pola terapi yang digagas kaji Fauzi cukup sederhana dan gampang diterapkan pada semua orang termasuk pemula sekalipun, namun semua induk yang masuk kandang terapi disesuaikan dengan jumlah pasangan induk karena kalau berlebihan dampaknya juga kurang baik. Sebab lebih dari satu pasangan yang campur jadi satu dalam kandang terapi tersebut.
“Jumlah induk yang bakal masuk ke kandang terapi sebaiknya disesuaikan dengan besar kecilnya kandang terapi. Misalnya pakai sangkar fok yang sudah dikenal banyak orang, idealnya cukup 2 pasang, tapi kalau ukurannya lebih besar bisa lebih dari 3 atau 4 pasang, selama masa tepi dijemur bersamaan tiap hari,” tambah Kaji.
Sementara dalam masa terapi, ideal waktunya selama 14 hari. Namun dalam diet tersebut, perlu dicekok i nutrisi yang bersifat tidak berlemak karena dalam masa diet juga termasuk masa peningkatkan birahi kawin yakni dengan cara diberi sayur-sayuran seperti kacang panjang, jagung serta kenari seed tanpa milet. Kalau nutrisinya terpenuhi, pasangan induk masuk kandang produksi tidak menunggu waktu lama bakal bertelur kembali.

bagikan :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.