Mandi, Kunci Agar Kenari “Ngedur” di Lapangan

KICAUAN TIPS DAN TRIK

Untuk mempersiap kenari ke lomba bisa dibilang gampang juga bisa tidak. Sebab kuncinya setel kenari bisa ngedur dilapangan harus mandi. Karena kalau tidak mau, selain kerja tidak maksimal, yang ditakutkan burung minta mandi saat mau tarung,” ungkap budi yang dipercaya Aba Win pegang jenis kenari.

SAYUR SELADA. Sebagai menu tambahan mau lomba.

Untuk itu, diusahakan burung mau mandi dengan dipancing mandi semprot. Lalu diposisinya dari tempat teduh pindah ke tempat terik matahari. Sembari menunggu burung mandi, mempersiapkan pakan ditambah sayur lalu dikerodong. “Kemudian, dua sesi mau naik, buka kerodong hingga gacor dan keluarkan lagu panjang-panjang lalu tutup kerodong,” ujar pria yang kerab dipanggil budi den bagus.

Hariannya, pagi diembunkan sekitar jam 05.00 – 07.00. “Ngembunkan sekaligus jemur, kata pria bertubuh tambun. Lalu masuk kandang umbaran hingga jam 5 sore. Tujuan umbaran, untuk melatih fisik sekaligus melatih nafas biar di lapangan keluar lagu panjang-panjang. “dalam umbaran mulai senin-kamis,” ujar pria bertubuh tambun.

Masuk Jumat, full kerodong bila Minggu turun lomba. Hariannya sayur slada tapi diselingi sawi putih. Sabtunya, menu pagi menunya prasmanan artinya sayur, apel dan telor dan minggunya kembali nprmal. “untuk pakan biji-bijiannya, biji sawit dan kenari seed,” imbuh budi dalam obrolannya.

bagikan :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.