Mengintip Harian Kacer President yang Doyan Sayuran

KICAUAN TIPS DAN TRIK
MENU HARIAN. President Sawi daging

Hal yang menarik dari kacer President andalan H.Onny Sadewa SF Samarinda, untuk menu hariannya selain extra fooding berupa jangkrik ternyata juga doyan sayuran. Mungkin bisa dibayangkan jarang sekali ditemui kebanyakan pada kacer. Meski resep tersebut awalnya tidak disengaja ditemukan Heri. “Awalnya President doyan sayur, bermula waktu mandi, diatas bak mandi ada kandang produksi love bird dan disitulah love bird tersebut seringkali menjatuhkan sayur kangkung, yang kemudian disantaplah sama President,” papar Heri mengenang President awal doyan sayur.

Namun Heri selanjutnya sayur kangkung diganti dengan sayur sawi daging. Ternyata menu sayur sawi daging pun, President juga doyan dan hingga saat ini, Hanya saja, meski ganti sawi daging, President lebih suka pada bagian terterntu saja yakni sawi bagian bawah (batang sawi) dan pucuk daunnya. “President lebih lahap saat diberi sawi daging bagian batangnya  dan pucuk daun yang paling muda,” ujar Heri bercerita pengalamannya.

Al hasil, sawi daging yang diberikan cukup bermanfaat besar bagi President yang memiliki tipikal burung petarung atau bisa dikatakan kacer yang memikili emosi tinggi. Dengan dicekoki tiap hari kecuali H-1 mau turun lomba, dengan sawi daging ini, dengan tujuan meredam emosi President. “Kalau hariannya, mengkonsumsi sawi daging, President birahi tarungnya menurun, kecuali mau turun lomba, H-1 sawi daging dilepas,” tambah Heri.

Harian kacer yang poinya sering mendukung BC maupun SF dalam merebut juara umum, cukup 6 ekor jangkrik pagi sore. Mandinya pun tiap hari pagi sore dan masuk kandang umbaran dalam sepekan 3 kali latihan nafas. Selain sayur sawi, President juga disuguhi buah pepaya sebagai menu tambahan yang diberikan 2 hari sekali. Tak kalah menariknya, dari keunikan President, karena seringkali turun, Heri menemukan cara untuk menaruh topinya di dasar dalam sangkar.

PRESIDENT. Lebih lahap bagian batang sayur &pucuk daun

“Semua topi mau, asalkan topi yang ditaruh adalah topi perawatnya karena awalnya sering saya menggerak-gerakkan topi saya di depan President agar tidak turun maka disitulah President takut dengan topi,” kata Heri bercerita panjang lebar. Sementara keunikan lain, President dirasakan Heri burung yang punya drajat, karena hanya turun di lomba skala event, mau tampil maksi tapi kalau diturunkan di latberan jarang sekali jalan. “Karena President termasuk memiliki sifat emosi tinggi, mau gak mau harus ditarungkan untuk membuang birahinya,” cerita Heri dalam pengalamannya di akhir obrolan..

bagikan :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.