Rahasia Menyiasati Balibu Stabil di Lapangan

KICAUAN TIPS DAN TRIK
JAGUNG MUDA. Selalu disajikan sebagai menu tambahan

Merawat jenis love bird anakan (balibu) yang rata-rata cenderung nakal ketika tampil di arena lomba. Karena itu terbilang gampang-gampang susah untuk menjaga kondisinya agar tetap stabil “Rahasianya cukup dengan mandi malam,” ujar Nyoto yang membuka rahasia di awal cerita. “Selain mandi malam, balibu  juga diwajibkan punya pasangan (untulan) sebaya agar tenang dalam perawatannya tanpa melihat jenis kelaminnya, yang penting terlihat rukun,” tambah breeder sukses yang sering mengorbitkan balibu-balibu berpotensi dengan ring Julia SF asal Masangan Wetan Sidoarjo saat memandikan balibunya di malam hari. .

Dalam persiapan lomba, H-1 sebelum tampil, balibu dimandikan di malam hari dengan mandi semprot hingga basah kuyup. Sembari membersihkan tebok dan sangkarnya, balibu diangin-anginkan sementara waktu. “Kemudian,  pemberian milet di mix (campur) dengan kenari seed yang dilanjutkan dengan menuangkan air minumnya. Lalu diberi jagung muda sebagai menu tambahan,” tandas Nyoto panjang lebar saat ditemui avesnews dikediamannya.

Usai memberi jagung, balibu diangin-angin tanpa kerodong dalam ruangan hingga pagi hari, dengan catatan tidak terlihat love bird lainnya agar tidak terpancing untuk bunyi. Sekitar jam 7 pagi sebelum berangkat ke lomba, perlakuan mandi semprot diulang lagi seperti malam hari, hanya saja semprotnya cukup tipis-tipis (populernya mandi embun), kemudian dijemur sekitar 1 jam. “Selama penjemuran bila burung sudah terdengar bunyi-bunyi, sesegera mungkin burung dikerodong,” jelas pemilik  balibu bernama syndrome yang sempat menolak pinangan  5,5 juta tersebut.

MILET. Campur kenari seed sebagai menu utama

Tiba di lapangan, buka kerodong sembari diangin-anginkan. Dalam 1 sesi sebelum naik, pasangannya dipisah kemudian dikerodong balibu yang bakal naik tersebut. Habis naik, balibu kembali digandeng dengan untulannya sembari menunggu sesi berikutnya jika naik lagi dengan penerapan seperti persiapan di awal. “Diusahakan, balibu di lapangan diasingkan dari suara burung love bird lainnya, agar balibu tidak terpancing untuk bunyi,” imbuh Nyoto dalam obrolan penutup.

bagikan :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.