RAHASIA MERAWAT CENDET YANG TIPE BERTINGKAH

KICAUAN TIPS DAN TRIK

Merawat cendet bisa dibilang, gampang-gampang susah. Karena burung jenis cendet terbilang burung fighter tinggi. Bukan hanya itu, cendet ada dua tipe dalam hal tarung di arena kontes. Ada tipe tancep ada pula tipe bertingkah. Namun, semua itu kuncinya sabar dan telaten.
Namun, kebanyakan orang menilai kalau burung bertingkah bila mau kerja lebih dasyat baik volume, varian lagunya. Terutama powernya lebih kering dan tembus ketimbang yang tancep. Meski tidak semuanya. Kebetulan Tim redaksi avesnews menemui salah satu punggawa PBC yang dipercaya Aba Win untuk memoles khusus cendet.
Bambang Sugiarto yang akrab dipanggil Mbah Yut, yang mengaku sudah lama hobi cendet. Kebetulan cendet yang dipoles dengan tipe bertingkah. Mbah Yut, mengaku tipe bertingkah relatif lebih sulit ketimbang tipe cendet tancep. “Bahkan settingan lapangan pun tidak segampang yang tancep” papar anggota PBC terlawas.
Cendet bertingkah bernama banaspati, ini salah satu amunisi PBC sebagai lapisnya Rawa Rontek yang jadi andalan utama PBC. Masih menurut mbah yut, banaspati hariannya mandi malam dalam sepekan sebanyak 3 kali. Setidaknya dengan mandi malam, bakal mengurangi tingkahnya. “mandi malam, tingkahnya tidak hilang hanya saja bertingkahnya berkurang” tandas Mbah Yut mantap.
Namun mbah yut mengaku, tidak bisa menetapkan hari apa saja, karena kalau burung waktunya mandi ya harus mandi. Sebaliknya walaupun bukan waktunya mandi tapi karena kondisinya besok dilombakan (minggu), mau gak mau sabtu malam dimandikan. “Tapi tipe burung bertingkah seperti banaspati ini, besok di lapangan full kerodong.
“Karena tipe seperti banaspati, jarang-jarang mau mandi saat mau tarung . Beda dengan Rawa Rontek yang kadang minta mandi kalau mau tarung,” celoteh mbah yut panjang lebar. Setelah mandi malam, masih kata mbah yut, diberi jangkrik 5 ekor ditambah kroto sedikit setelah jangkriknya habis. “kroto manfaatnya untuk memancing biar gacor, dan hariannya seminggu dua kali,” ujar mbah yut.
Selain mandi, ngembun juga wajib dilakukan karena manfaatnya sangat besar, dampaknya lebih burung kerja tancep dan stabil. Sekitar jam 4.30 – 6.00. Ngembun bagi mbah yut termasuk perawatan harian.
Untuk tipe burung takutan sesuatu, saat jemur full kerodong dengan tujuan agar tubuh tetap langsing. Namun beda dengan cendet tipe tancep. Jemurnya tidak dikerodong dan batas jemurnya tidak terbatas. “Kalau rawa rontek tidak jemur kerodong langsung los hariannya, tapi saat ini lagi mabung,” tambah mbah yut dalam obrolan penutup.

bagikan :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.