Rahasia Ronggolawe Tampil Top Form dari A-Z

KICAUAN TIPS DAN TRIK
TIAP TARUNG. Dijejali 1 jangkrik

Bisa dibilang kroto salah satu serangga yang paling disukai oleh burung sejenis muraibatu, salah satu manfaatnya untuk meningkatkan birahi tarung hingga tampil top form. Berikut kiat harian hingga menjelang lomba (A_Z) sampai di arena tarung, yang merupakan rahasia Ronggolawe murainya Asiong Pratama SF.

MANDI PAGI. Berlangsung tiap hari

“Ronggolawe Hariannya tidak lepas dari menu kroto, satu sendok makan pagi sore,” ujar Paimen perawat Ronggolawe membongkar rahasia ektra fooding (EF) harian diawal cerita. Yang jelas meski ada EF tertentu dihentikan di hari tertentu, tapi  soal kroto tanpa henti. “Bahkan di lapangan pun, juga digerojok kroto saat tampil berlangsung,” imbuh Paimen pada avesnews belum lama ini.

HARIAN JEMUR. Selama sejam tiap hari

Untuk hariannya, pagi hari buka kerodong langsung mandi di bak mandi, lalu diberi jangkrik 3 ekor, kemudian dijemur sejam (jam 8-9) setelah dipindah ke tempat teduh lalu dikerodong, sorenya kembali diberi jangkrik 3 ekor lagi. Minggu lomba, menu jangkrik ditingkatkan satu ekor pagi sore mulai sabtunya. “Agar tenaganya bertambah,” jelas Paimen.

Beda dengan di lapangan, dua session sebelum naik, burung dijejali ulat hongkong 10 ekor tanpa buka kerodong dengan diasingkan dari kebisingan suara burung, dengan harapan bisa lebih fighternya. Namun dalam pemberian hongkong disertai kroto juga. “Dalam tiap sesi, ditambah 1 ekor jangkrik,” tandas paimen dalam obrolan penutup.

bagikan :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.