Ternak Love Bird Jadi Penghasil Rupiah & Refreshing Keluarga

BREEDING HEADLINE KICAUAN

Ternak love bird, ternyata bisa menjadi alternatif refreshing otak dan hati. Inisiatif refreshing itu sangat penting. Apalagi bila refreshingnya menghasilkan rupiah. Itulah yang dilakukan Edik SBK (36), pemilik ternakan love bird bernama For E Love Bird. Ternakan love bird di samping rumah yang sedikitnya ada 12 kandang itu, terlihat hasilnya setelah perjalan setahun lebih.

Edik SBK. Saat berada di kandang For E Love Bird yang berada di samping rumahnya.

Menurut siempunya, ternak love bird yang dijalani muncul karena hobi yang sudah lima tahun dijalani. Baru setahun lalu kepikiran untuk beternak. Itupun atas inisiatif dari sang istri, Erik Setyowati (32). Dinamakan For E Love Bird karena didasarkan pada nama seluruh anggota keluarganya. Sehingga, ternak love bird dijadikan refreshing harian bagi keluarga.

HASIL BREEDING. Sekali Panen langsung di inden pelanggannya

“Saya beri nama For E Love Bird karena kebetulan seluruh anggota keluarga saya namanya diawali dengan huruf E. Saya sendiri Edik, Erik itu istri saya, dan anak pertama saya Esti serta putra kedua saya Erfan. Ya, beternak yang bisa lebih mengharmonisasikan keluarga,” ungkap Edik di kandang sederhananya yang terletak di desa Kembangsri Ngoro Mojokerto.

Edik mengakui, bila sejak serius ternak love bird, banyak perubahan di keluarganya. Sikap istrinya yang dulu kurang setuju hobi burung, kini berbalik membantu merawat burung maupun membersihkan kandangnya. Disisi lain, secara finansial juga sudah merasakan. Hingga saat ini, sedikitnya sudah 30 ekor lebih anakan love birdnya terjual.

INDUKAN WARNA. Breeder harus lihai dan paham ilmu crossing agar hasilnya memuaskan

“Hobi tetap jalan dan saya tidak merasa beban dengan keluarga. Bahkan sesekali saya lomba, seluruh keluarga juga saya ajak. Enaknya lagi, kalau saya tinggal kerja, istri dan anak yang lagi di rumah, otomatis bisa membantu merawat atau membersihkan kandang. Jadi akhirnya semua berjalan nyaman dan di luar perkiraan. Pokoknya hobi burung ini makin membuat keluarga saya harmonis,” ujar Edik sambil menunjukkan beberapa jenis pasangan love birdnya yang sudah produktif.

Dari sisi perawatan, kata Edik, jenis love bird sangatlah mudah. Apalagi dalam keseharian, baik istri maupun anaknya diajari bagaimana merawat love bird. Ya, mulai memberi pakan, membersihkan kandang, hingga memindahkan burung ke sangkar. Semua diajarkan Edik secara alami dalam keseharian.

RUTIN KONTROL. Melakukan pengecekan pada anakan, wajib dilakukan minimal sehari dua kali.

Dalam kesempatan ini, Edik mengakui bila beternak love bird sangat prospektif. Meski love bird bukan burung asli Indonesia, tetapi cara beternaknya sangatlah mudah. Apalagi iklim Indonesia sangat cocok. Love bird sebenarnya burung hias, tapi di Indonesia difungsikan juga sebagai salah satu jenis burung yang dilombakan kicauannya. Maka bila seseorang beternak love bird, pasti bisa berhasil. “Tetap jaga kualitas dan harga jangan terlampau mahal,” ujar Edik yang mengaku sudah banyak pesanan anakan love bird piaraannya.

bagikan :

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.